Cara Memblokir Pajak Progresif Kendaraan Bermotor

Seringkali Anda kaget karena harus membayar pajak mobil atau sepeda motor Anda dengan jumlah yang cukup besar padahal Anda hanya memiliki satu kendaraan di rumah. Ya, bisa jadi Anda dikenakan pajak progresif kendaraan bermotor.
 Cara Memblokir Pajak Progresif Kendaraan Bermotor
Apakah yang dimaksud dengan pajak progresif kendaraan motor?
Pajak progresif kendaraan bermotor adalah pajak yang dikenakan kepada seseorang yang memiliki kendaraan bermotor lebih dari 1 (satu) unit.

Jika Anda hanya memiliki satu kendaraan di rumah namun kendaraan Anda dikenakan pajak progresif, cobalah Anda ingat-ingat kembali apakah sebelumnya Anda pernah menjual kendaraan atas nama dan alamat yang sama dengan kendaraan yang Anda miliki sekarang?

Jika ya, Anda harus segera melakukan pemblokiran ke kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) dimana kendaraan yang akan Anda blokir terdaftar.

Bagaimanakah Caranya?

Caranya cukup mudah, yakni:
  1. Datanglah ke kantor Samsat dimana kendaraan yang akan diblokir terdaftar (tidak usah melalui calo karena caranya sangat mudah).
  2. Sebelum berangkat, jangan lupa membawa pulpen, map, meterai 6000, fotokopi KTP dan fotokopi KK (kartu Keluarga) untuk memudahkan Anda saat di kantor Samsat.
  3. Setelah tiba di kantor Samsat, datanglah langsung ke bagian/loket (blokir) progresif.
  4. Mintalah formulir/surat penyataan pemblokiran kendaraan.
  5. Isi formulir dengan lengkap (kendaraan yang masih dimiliki dan yang telah dijual/dipindahtangankan), tempelkan materai 600 serta tanda tangani formulir tsb. Untuk kendaraan yang telah dijual, isi keterangan dengan DIJUAL dan jangan lupa catat terlebih dahulu tanggal penjualan kendaraan Anda.
  6. Lampirkan fotokopi KTP dan fotokopi KK Anda (sebaiknya distaples jadi satu dengan formulir dan dimasukkan ke dalam map).
  7. Sebelum mengembalikan formulir permohonan blokir yang sudah diisi, fotokopi formulir tersebut sebagai tanda bukti/tanda terima bahwa Anda telah melakukan permohonan blokir kendaraan.
  8. Selesai dan Gratis.
Berikut contoh formulir/surat pernyataan pemblokiran kendaraan (Samsat Depok)
Mudah khan?
Jadi apabila Anda pernah menjual mobil atau motor sebaiknya Anda melakukan blokir di kantor Samsat dimana mobil atau motor tersebut terdaftar agar Anda tidak dikenakan pajak progresif ketika membeli kendaraan baru.Semoga bermanfaat.
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 Response to "Cara Memblokir Pajak Progresif Kendaraan Bermotor"

  1. Admin numpang promo ya
    cuma disini tempatnya game online proses mudah,cepat dan terjamin 1onQQ ^^
    Bisa dp via pulsa juga (min 25rb)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel