√ Cara Memulai Blog Dalam 3 Langkah Mudah

Pelajari cara membuat blog dengan panduan 3 langkah sederhana kami untuk pemula menggunakan WordPress, platform blogging terbaik yang dipercaya oleh bisnis dan individu.

Pernahkah Anda ingin memulai blog Anda sendiri? Baik itu untuk bisnis Anda atau hanya sebagai hobi, blogging adalah kegiatan yang sangat bermanfaat dan menyenangkan. Yang diperlukan hanyalah sedikit pengetahuan teknis, beberapa keterampilan menulis yang layak, dan dedikasi yang kuat.
Cara Memulai Blog Dalam 3 Langkah Mudah
Cara Memulai Blog Dalam 3 Langkah Mudah
Dalam panduan ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai blog. Kami akan menunjukkan kepada Anda platform apa yang digunakan untuk blogging, cara membuat blog Anda, dan kemudian bagaimana mengaturnya sehingga Anda dapat mulai menulis posting pertama Anda! Jadi mari kita mulai!

Apa itu Blog & Mengapa Anda Membutuhkannya
Mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Pertama, apa itu blog? Menurut Wikipedia, sebuah blog secara teknis merupakan situs web diskusi atau informasi yang diterbitkan di web yang berisi entri teks gaya harian diary ("posting").

Istilah ini berasal dari awal yang sederhana ketika dikenal sebagai log web pribadi. Seperti buku harian digital, di sinilah seseorang akan menulis jurnal tentang hari mereka, dan istilah log web segera disingkat menjadi blog.

Pemasar dengan cepat melihat potensi dalam cara baru ini untuk berkomunikasi online dan tren segera mengambil waktu besar.
TAHUKAH KAMU? Blogging telah ada sejak tahun sembilan puluhan dan hari ini ada lebih dari dua juta posting blog yang diterbitkan setiap hari
Ada banyak alasan bagus untuk memulai blog, terutama untuk bisnis Anda, termasuk:
  • Ini bagus untuk anda
  • Ini meningkatkan lalu lintas mesin pencari situs Anda
  • Itu membangun kepercayaan dan menunjukkan keahlian Anda
  • Itu menarik pelanggan dan pelanggan
  • Ini adalah sistem jangka panjang dengan manfaat berkelanjutan
Bagaimana Saya Membuat Blog?
Sekarang setelah Anda tahu mengapa Anda harus memulai sebuah blog, mari gali ke dalam praktik bagaimana melakukannya.

Blogging sendiri relatif mudah. Bagian tersulit, adalah mendapatkan pengaturan blog. Ini adalah bagian yang paling membingungkan dan luar biasa dari proses hanya karena membutuhkan sedikit pengetahuan teknis.

Berita baiknya adalah, Anda tidak perlu mempelajari pemrograman apa pun! Namun, Anda perlu mempelajari sedikit (dasar-dasar) praktik terbaik situs web dan cara menggunakan perangkat lunak yang tepat untuk mengatur dan mengelola blog Anda. Anggap saja seperti menggunakan komputer untuk pertama kalinya. Anda tidak perlu tahu cara memprogram apa pun, tetapi Anda harus belajar cara menggunakannya. Mulai dari awal, ini mungkin terasa seperti Anda tenggelam dalam informasi yang berlebihan, tapi itu sebabnya kami ada di sini dan itulah mengapa kami telah menyusun panduan terperinci ini untuk Anda. Anda selalu dapat menghubungi kami jika ada pertanyaan.

Belajar Membuat Blog Mengikuti 3 Langkah Sederhana Ini
Untuk membuat ini semudah mungkin, kami telah memecah panduan ini menjadi 3 langkah sederhana. Untuk membuat dan menjalankan blog Anda, Anda harus melakukan hal berikut:

Langkah 1: Pilih Platform
Pilih platform blogging yang akan Anda gunakan untuk membangun blog Anda.

Langkah 2: Dapatkan Domain & Hosting
Daftarkan nama domain dan hosting web sehingga orang dapat melihat blog Anda di web.

Langkah 3: Atur Blog Anda
Atur dan sesuaikan blog Anda sehingga terlihat dan berperilaku seperti yang Anda inginkan.

Langkah 1: Pilih Platform Anda
Langkah pertama adalah memilih platform tempat Anda akan menjalankan blog. Ini pada dasarnya adalah perangkat lunak yang memungkinkan Anda untuk membangun dan mengelola blog Anda tanpa coding. Secara teknis ini dikenal sebagai Sistem Manajemen Konten atau CMS.

CMS memudahkan segalanya sehingga Anda tidak perlu tahu pemrograman apa pun. CMS akan secara otomatis menghasilkan semua kode yang dibutuhkan blog Anda untuk Anda sehingga blog Anda dibuat secara instan. Setiap CMS kemudian memiliki semacam panel kontrol back-end di mana Anda dapat login untuk mengelola blog Anda. Di sinilah Anda akan menambahkan posting baru, mengedit atau menghapus yang sudah ada, dan mengubah pengaturan blog Anda.

Ada banyak CMS di luar sana, tetapi WordPress sejauh ini adalah yang paling populer (sekarang lebih dari 28% dari semua situs web menggunakannya) dan menurut pendapat kami, pilihan terbaik untuk memulai blog. Sungguh luar biasa kami menggunakan WordPress sendiri!

Seperti yang Anda lihat di bawah, grafik dari W3Techs.com ini menunjukkan pangsa pasar dari 30 CMS populer - dan WordPress adalah yang paling banyak digunakan.

Mengapa Menggunakan WordPress untuk CMS Anda?
Seperti yang kami sebutkan di atas, ada banyak CMS yang dapat Anda pilih, tetapi WordPress adalah rute yang harus ditempuh. Tanpa terlalu banyak detail, inilah alasannya:
  1. WordPress GRATIS - CMS itu sendiri sepenuhnya gratis dan Anda tidak perlu membayar lisensi untuk menggunakannya secara komersial.
  2. WordPress adalah MOBILE & FLEXIBLE - WordPress tidak hanya digunakan untuk blog, tetapi juga dapat digunakan untuk membangun situs web yang lengkap dan responsif & ramah seluler.
  3. WordPress adalah POPULER - Ini digunakan oleh 28% dari web! Baik bisnis kecil dan besar menggunakannya. Merek-merek besar seperti BBC America, Bloomberg, Sony, Forbes, CNN, dan banyak lainnya semuanya menggunakan WordPress.
  4. WordPress MUDAH DIGUNAKAN - Ini mungkin sedikit menyesatkan, tetapi dibandingkan dengan CMS lainnya, WordPress mudah digunakan. Namun, Anda harus ingat bahwa semua CMS awalnya bisa membingungkan bagi pemula.
  5. WordPress adalah OPEN SOURCE - Ini berarti bahwa siapa pun dapat melihat kode yang digunakan untuk membuat WordPress dan melaporkan segala bug atau masalah keamanan ke komunitas open source, pada akhirnya membuatnya lebih aman dan lebih baik.
WordPress mudah didapat BANTUAN & DUKUNGAN - Karena memiliki komunitas yang sangat besar, ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan bantuan. Banyak forum dan blog yang terus-menerus menerbitkan tips dan trik untuk membantu Anda menggunakan WordPress dengan lebih baik

WORDPRESS? Jika Anda mulai melakukan penelitian apa pun tentang WordPress, Anda akan segera menemukan bahwa ada dua versi WordPress! Satu adalah WordPress.com dan yang lainnya adalah WordPress.org. Ini adalah dua opsi yang sangat berbeda

Langkah 2: Dapatkan Nama Domain & Hosting Web
Langkah selanjutnya adalah mendapatkan nama domain dan web hosting. Anda memerlukan ini untuk memiliki blog. Tapi apa sebenarnya mereka?

Apa itu Nama Domain?
Anda mungkin sudah tahu apa nama domain itu. Nama domain adalah alamat situs web Anda. Inilah yang akan diketik orang di bilah alamat peramban ketika ingin mengunjungi situs Anda. Misalnya, nama domain kami adalah HowToGetOnline.com. Setiap situs web / blog membutuhkan nama domain sehingga Anda dapat dengan mudah & nyaman mengunjunginya.

Apa itu Web Hosting?
Web hosting adalah layanan yang ditawarkan oleh perusahaan yang memberi Anda ruang penyimpanan online untuk blog Anda, yang pada dasarnya membuatnya dapat diakses di World Wide Web. Perusahaan ini dikenal sebagai host web dan mereka akan menyimpan blog Anda di server web, seperti hard drive online. Tanpa itu, orang-orang di web tidak akan dapat melihat blog Anda.

Mengapa WordPress Membutuhkan Ini?
Versi .org versi WordPress (versi gratis yang kami sebutkan di atas) memerlukan hosting web agar berfungsi. Faktanya, setiap situs web yang ada juga melakukan hal yang sama dengan WordPress versi .com. Versi .com hanya menyediakan hosting web sendiri, yang merupakan alasan mengapa tidak gratis. Ingat bahwa WordPress pada dasarnya adalah perangkat lunak dan harus diinstal pada server web yang dapat menjalankannya dengan benar dan memungkinkan pengguna di web untuk melihatnya. Untungnya, hampir semua host web membuatnya sangat mudah untuk menginstal WordPress dalam hitungan menit.

Di mana Anda Mendapatkan Nama Domain & Web Hosting?
Sekarang Anda tahu mengapa Anda memerlukan nama domain dan hosting web, di mana Anda mendapatkannya?

Anda biasanya akan mendapatkan nama domain dari perusahaan yang menawarkan pendaftaran nama domain dan hosting web dari perusahaan yang menawarkan layanan hosting web. Untungnya hari ini, sebagian besar perusahaan web hosting menawarkan pendaftaran nama domain juga sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan keduanya dari tempat yang sama.

Langkah 3: Mengatur & Kustomisasi Blog Anda
Langkah terakhir adalah mengatur dan menyesuaikan blog Anda. Anda harus masuk ke administrasi back-end WordPress Anda untuk melakukan ini. Cukup ketik "/ wp-admin" di akhir URL blog Anda. Sebagai contoh:
  • www.myblog.com/wp-admin
Jika Anda baru saja menyelesaikan instalasi WordPress Anda dari langkah di atas, Anda cukup mengklik tombol Login oranye dari screenshot instalasi lengkap. HostGator juga akan mengirimi Anda petunjuk tentang cara masuk ke situs / blog WordPress Anda.

Menggunakan WordPress
Saat Anda masuk ke WordPress, Anda akan melihat halaman Dashboard terlebih dahulu. Ini semua adalah bagian dari back-end atau sisi administrasi WordPress. Seperti panel kontrol, ini adalah tempat Anda dapat mengedit semua posting dan pengaturan blog Anda.

Administrasi WordPress mungkin terasa menakutkan pada awalnya, tetapi Anda harus membiasakan diri dengannya dan mempelajari cara menggunakannya. Ini akan memakan waktu. Di sebelah kiri, Anda akan melihat menu navigasi utama (diperlihatkan secara vertikal di atas) yang memberi Anda semua yang Anda perlukan untuk mengatur dan menyesuaikan blog Anda. Mari kita cepat membahas ini:
  1. Dasbor - Ini adalah halaman arahan default yang Anda gunakan setiap kali Anda login ke WordPress.
  2. Posting - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola posting blog Anda. Anda dapat menambah, menghapus, dan mengedit setiap posting yang dimiliki blog Anda dari sini.
  3. Media - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola gambar Anda. Anda dapat mengunggah gambar dan mengelola gambar yang sudah ada yang sebelumnya diunggah.
  4. Halaman - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola halaman blog Anda. Sama seperti posting, Anda dapat menambah, menghapus, dan mengedit semua halaman Anda dari sini. Untuk mempelajari perbedaan antara halaman WordPress vs posting Anda dapat membaca ini.
  5. Komentar - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola komentar blog Anda. Dari sini, Anda dapat melihat setiap komentar yang ditambahkan di blog Anda untuk menyetujui, mengedit, atau menghapusnya.
  6. Appearance - Ini adalah tempat Anda mengelola tampilan blog Anda. WordPress menggunakan tema, yang pada dasarnya seperti templat yang mengubah desain blog Anda.
  7. Plugin - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola plugin WordPress Anda. Plugin WordPress menambahkan fitur dan fungsionalitas tambahan ke blog Anda. Mereka sangat kuat dan bermanfaat dan dapat sangat meningkatkan fungsionalitas blog Anda. Perhatikan bahwa Anda akan menemukan banyak plugin yang sudah ditambahkan di instalasi WordPress Anda. HostGator, bersama dengan banyak host web lainnya, memilih dan memilih plugin tertentu yang menurut mereka akan bermanfaat bagi situs Anda. Tentu saja Anda dapat, menonaktifkan dan menghapus plugin ini dan memilih sendiri.
  8. Pengguna - Di sinilah Anda pergi untuk mengelola pengguna blog Anda. Secara default, Anda hanya harus memiliki satu pengguna. Dan akun pengguna Anda harus menerapkan peran admin. Namun, jika Anda ingin orang lain menulis dan memposting ke blog Anda, Anda dapat membuat akun untuk mereka di bawah sini.
  9. Alat - Di sinilah Anda pergi untuk fitur-fitur canggih tertentu yang kemungkinan besar belum akan Anda butuhkan.
  10. Pengaturan - Terakhir, di sinilah Anda pergi untuk mengelola pengaturan WordPress Anda. Ada berbagai pengaturan yang dapat Anda atur dari sini.
TIP CEPAT: Jelajahi opsi administrasi WordPress di atas dan bermain-main dengannya. Kenali cara Anda mengelola seluruh blog Anda!

Membuat Blog Anda Seperti yang Anda Inginkan
Sekarang Anda sudah terbiasa dengan administrasi WordPress, saatnya untuk mulai mengatur blog Anda seperti yang Anda inginkan! Meskipun mengelola dan mengutak-atik blog Anda benar-benar merupakan proses yang berkelanjutan, berikut ini beberapa tugas dasar untuk difokuskan:
  • Pengaturan umum - Ini adalah salah satu hal pertama yang Anda ingin konfigurasi untuk blog Anda. Dalam administrasi WordPress, telusuri Pengaturan dan sesuaikan hal-hal seperti judul blog Anda, tagline, struktur permalink (disarankan nama posting), jumlah posting yang akan ditampilkan per halaman, dll. Ini semua cukup jelas dan Anda ingin meninjau pengaturan ini sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Penampilan - Tugas lain untuk fokus adalah menyesuaikan tampilan blog Anda, yang dikendalikan oleh tema WordPress. Anda dapat menyimpan tema yang ada di tempatnya (jika diinginkan) atau mencari secara online untuk tema WordPress lainnya. ThemeForest adalah tempat yang tepat untuk mencari tema premium. Selain tema Anda, Anda juga ingin mengerjakan branding - seperti mengunggah logo Anda, header gambar khusus, dan skema warna apa pun yang mungkin dimiliki bisnis Anda.
  • Fungsionalitas - Selanjutnya Anda ingin menambahkan plugin WordPress untuk meningkatkan fungsionalitas blog Anda. Anda dapat menambahkan hal-hal seperti tombol berbagi sosial, formulir pendaftaran email, caching, optimisasi mesin pencari, dan fungsi bermanfaat lainnya untuk blog Anda melalui plugin ini.
  • Akhirnya, saatnya untuk benar-benar meletakkan pena di atas kertas (atau jari ke keyboard) dan mulai menulis blog!
Selamat, Anda punya blog
Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

0 Response to "√ Cara Memulai Blog Dalam 3 Langkah Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel